Cara Memilih Sepatu Futsal Yang Sesuai


Memilih sepatu futsal yang tepat sesuai jenis lapangan serta nyaman digunakan merupakan faktor penting untuk meningkatkan performa permainan futsal kita serta berguna untuk mengurangi resiko cedera pada telapak kaki saat bermain futsal.
Olahraga futsal saat ini semakin populer dan ngetrend baik dikalangan anak muda maupun dewasa yang dibuktikan dengan terus hadirnya lapangan-lapangan khusus futsal di kota-kota Indonesia. Karena pada dasarnya futsal adalah permainan bola kaki seperti sepakbola, maka memilih sepatu futsal yang tepat dan nyaman dipakai merupakan hal yang penting
.
Jika Anda ingin membeli sepatu futsal, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips singkat tentang cara memilih sepatu futsal berikut ini :
1. Material
Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih sepatu futsal adalah bahan atau material dasarnya. Sepatu futsal bisa terbuat dari beberapa bahan, seperti kulit, kain (tekstil), dan bahan imitasi.
§  Kulit
Meskipun cukup banyak bahan dasar pembuatan sepatu futsal, bahan dasar kulit, terutama kulit kangguru, masih dianggap sebagai bahan sepatu terbaik. Kelebihan kulit kangguru adalah kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik sehingga nyaman digunakan. Selain kulit kangguru, kulit kerbau banyak digunakan untuk membuat sepatu futsal. Namun, kualitas kulit kerbau masih kalah dengan kulit kangguru.
§  Kain
Bahan rajutan ini biasanya digunakan pada sepatu futsal tipe Sala yang tersedia dalam beberapa merek. Bahan kain memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah mengeluarkan panas atau breathable. Mudahnya pengeluaran panas didukung oleh teksturnya yang berpori.
§  Imitasi
Dibanding bahan kulit dan kain, bahan imitasi cenderung kurang baik durabilitasnya. Bahan imitasi pun mudah sobek, terutama bagian jahitan. Perbedaan yang paling mencolok dibanding bahan kulit dan bahan kain adalah kekakuan bahannya. Ya. Bahan imitasi memang lebih kaku dibanding bahan kulit dan kain.
Selain ketiga bahan yang telah disebutkan, kini banyak diciptakan bahan-bahan pembuatan sepatu futsal, seperti bahan berserat karbon yang ringan dan kuat.
2. Bagian Atas Sepatu
Bagian atas sepatu sebenarnya tidak terlalu penting. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, terutama bagian depan yang paling sering digunakan untuk menendang. Bagian-bagian vital itu harus dipastikan kekuatan dan kenyamanannya. Perhatikan jenis bahan yang digunakan, jahitan, dan bahan pelapis dalamnya.
Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah tempat memasang tali sepatu. Jika model pemasang tali sepatu Anda menyamping, pastikan bagian tersebut tidak mengganggu bagian atas kaki saat digunakan. Lidah sepatu pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan pelapisnya. Misalnya, pelapis berbahan kain atau berbahan busa.
Intinya, Anda harus memilih sepatu yang pelapis lidahnya nyaman digunakan. Bentuk lidah sepatu sebenarnya tidak terlalu penting, baik yang ditekuk ke depan maupun bentuk tradisional. Bedanya, bentuk lidah yang ditekuk akan membuat tali sepatu lebih terlindungi sehingga lebih awet karena jarang bergesekan dengan bola.
3. Bagian Belakang Sepatu
Yang harus diperhatikan pada bagian belakang sepatu adalah penopang tumit. Pastikan penopang tumit sepatu Anda kokoh, tidak mudah bertekuk, bagian sol empuk dan cukup tebal untuk menahan benturan kaki saat berlari. Bagian ini biasanya dilapisi bahan EVA yang empuk dan ringan. Bahkan, beberapa merek ada yang menggunakan peredam khusus pada bagian dalam sol, seperti bantalan udara.
Beberapa model sepatu ada yang menambahkan bahan karet untuk memantapkan akurasi tendangan saat melakukan backheel, mengoper atau menendang menggunakan tumit. Namun, tambahan karet ini tidak terlalu penting dan hanya bersifat sebagi fitur tambahan.
4. Lapisan Dalam dan Sol Dalam
Sepatu yang baik akan menggunakan pelapis dalam berbahan lembut, kuat, dan mampu menyerap keringat dari kaki. Selain itu, sol dalam harus empuk dan bagian bawahnya harus dilapisi kain yang turut dijahit, bukan hanya lapisan karton untuk menutup bagian sol bawah seperti yang kerap ditemui pada sepatu murah. Jika bagian belakang sol dilapisi imitasi, pastikan yang agak lembut dan tidak terlalu kaku untuk menghindari melepuhnya kulit.
5. Sol
Sol sepatu harus lentur, cukup tebal, dan kesat. Sol yang dipilih harus cukup tebal karena sol yang terlalu tipis dapat menyebabkan benturan kaki dengan lantai tidak teredam dengan baik. Lama-lama, benturan ini bisa menimbulkan cedera.
6. Jenis Sol
Jenis sol perlu diperhatikan karena lapangan futsal di Indonesia banyak yang menggunakan rumput sintetis atau buatan. Untuk lapangan berumput buatan, sol yang digunakan harus memiliki tonjolan-tonjolan atau pull dan bahannya lebih keras dibanding sol sepatu futsal biasa.
Dengan menggunakan panduan memilih sepatu futsal di atas, maka Anda bisa menikmati olahraga futsal ini dengan lebih baik.  (m.i)

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Memilih Sepatu Futsal Yang Sesuai ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 29 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Memilih Sepatu Futsal Yang Sesuai
 

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger news